Entri Populer

Senin, 25 April 2016

Pengertian Manajemen dan Jenjang Manajemen (PM and JM)










Dikesempatan kali ini, aku akan membahas mengenai "Pengertian Manajemen dan Jenjang Manajemen". Sebelumnya, ada yang tau ga sih arti Manajemen sebenernya?

Pengertian Manajemen


Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut :


1. Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel :
Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. 


2. Menurut R. Terry :
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.


3. Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi
lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan.


4. Menurut Lawrence A. Appley :
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.


5. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan
pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari devinisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Nah, sekarang aku mau bahas tentang jenjang manajemen.
Pasti dari kalian semua ada yang sudah ada yang tau atapu yang belom tau. Apasih jenjang manajemen itu? 



Jenjang Manajemen
Organisasi atau badan usaha umumnya mempunyai sedikitnya tiga jenjang manajemen, yaitu manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen pelaksana.
1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajemen puncak adalah jenjang manajemen tertinggi. Jenjang manajemen tertinggi atau puncak biasanya terdiri atas dewan direksi dan direktur utama. Dewan direksi mempunyai tugas memutuskan hal-hal yang sangat penting sifatnya bagi kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen puncak bertugas menetapkan kebijakan operasional dan membimbing interaksi organisasi dengan lingkungan.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah biasanya memimpin suatu divisi atau departemen. Tugasnya adalah mengembangkan rencana-rencana operasi dan menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan manajemen puncak. Manajemen menengah bertanggung jawab kepada manajemen puncak. . Mereka bertanggung jawab menyusun rencana operasi dan melaksanakan rencana-rencana umum dari manajer puncak. Antara lain menangani permasalahan kontrol atau  pengawasan yang sifat pekerjaannya lebih banyak pada masalah administrasi: keputusan administrasi/taktis, yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya.
3. Manajemen Pelaksana (Supervisory Management)
Manajemen pelaksana adalah manajemen yang bertugas menjalankan rencana-rencana yang dibuat manajemen menengah. Selain itu, manajemen pelaksana juga mengawasi para pekerja dan bertanggung jawab kepada manajemen menengah. tugas utamanya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh manajer madya, mengawasi pelaksanaan kegiatan operasional yang telah dilakukan oleh karyawan sehari-hari, sebagai supervisor garis pertama yang bertanggung jawab melakukan supervisi kepada para karyawan yang melakukan pekerjaan hariannya yaitu berkaitan dengan kegiatan operasional (operasi harian) yang disebut keputusan operasional.
itu dia yang aku mau materi hari ini. makasih yang sudah membaca materi dari blog saya. Mudah-mudahan yang membaca mendapat informasi dari materi tersebut dan bisa memahami isi materi yang ada diblog saya. 
sampai jumpa dilain kesempetan.

Sumber:
http://dhiyaaelhaq.blogspot.co.id/2009/10/manajemen-secara-umum.html
https://belajarmanagement1.wordpress.com/jenjang-manajemen/

1 komentar:

  1. youtube 4.1.0 - YouTube VR - Videoodl.cc
    youtube 4.1.0 · youtube 4.1.0 · youtube 4.1.0 · youtube 4.1.0 · youtube 4.1.0 · youtube 4.1.0 · youtube youtube to mp3 320 4.1.0.0.2 · youtube 4.1.0.2.

    BalasHapus